DETAIL BERITA

SatPol-PP Lombok Tengah Razia Keberadaan Gepeng

SatPol-PP Lombok Tengah Razia Keberadaan Gepeng


kicknews.today – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Lombok Tengah (Loteng) membentuk tim untuk menindak tegas para gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang sering mangkal dipinggir jalan. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan di Lombok Tengah.


 
“Sesuai dengan instruksi dari pimpinan Patroli yang dilakukan dari pagi hingga malam sekarang selain untuk menjaga Kamtibmas, kita juga ditugaskan menindak tegas para Gepeng yang sering membuat kota Praya terlihat tidak mengenakan,” ujar Ketua tim Danton Satpol PP Lombok Tengah, Yudhi Sastrawan saat melakukan Patroli di Kota Praya, Rabu (20/3).

Dijelaskan, patroli dilakukan pagi sampai siang itu fokuskan untuk melakukan penindakan terhadap gelandangan dan pengemis yang sering meminta- minta dijalan. Kalau mereka terbuti akan serahkan ke Dinas Sosial yang menangani masalah Gepeng.


“Di Dinas Sosial mereka akan dibina agar tidak berkeliaran lagi,” jelasnya.

Disampaikan juga saat ini sudah banyak para Gepeng yang mangkal seperti yang terjadi di traffick Light yang sudah dirazia oleh petugas. Mereka rata- rata yang terjaring razia adalah orang- orang yang sudah lanjut usia.

“Mereka biasa jadi Gepeng sekaligus menjadi pemulung,” ujarnya.

Lanjutnya, tidak jarang mereka masuk di mantor Dinas untuk memungut bekas- bekas sampah, sembari mereka juga meminta uang. Sehingga razia dilakukan semata- mata untuk memberikan kepastian kesejahteraan kepada para Gepeng tersebut.

“Mereka akan diberikan pelatihan kalau benar- benar menjadi Gepeng. Ini sebagai bentuk pehatian dari Pemerintah Daerah Lombok Tengah,” pungkasnya. (Ade)