DETAIL BERITA

SUKSES PERAYAAN RAHMAN RAHIM DAY, RIBUAN MASYARAKAT BANJIRI MASJID AGUNG

SUKSES PERAYAAN RAHMAN RAHIM DAY, RIBUAN MASYARAKAT BANJIRI MASJID AGUNG


LOMBOK TENGAH, MP
Perayaan Rahman Rahim Day tanggal 10 Mubaram tahun hijriyah bertepatan dengan tanggal 10 September 2019 dilaksanakan di Masjid Agung Lombok Tengah, Selasa( 10/09). Hadir pada acara tersebut Bupati Loteng, HM. Suhaili, Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri, Haddad Alwi, MUI Pusat bidang kerjasama luar negeri, Mahyudin Junaidi, MA, Kepala SKPD lingkup Kabupaten Loteng, ASN dari semua SKPD Loteng, Forkopimda, Kepala Sekolah SeKabupaten Loteng, Ratusan Anak Yatim beserta orang tua jompo, dan ribuan masyarakat.
Dalam sambutannya, Bupati Loteng menyampaikan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Perayaan Rahman Rahim Day atau hari kasih sayang umat muslim ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan kepedulian serta meumupukkan rasa kebersamaan.
' Pemerintah Kabupaten Loteng, telah menetapkan 10 Muharam setiap tahunnya menjadi moment perayaaan Rahman Rahim Day gang bersifat agamis. “Kita sudah tetapkan bahwa pada tanggal 10 Muharam merupakan hari kasih sayang yang setiap tahunnya diselenggarakan di Kabupaten Loteng," imbuhnya.
Ia memaparkan, kegiatan ini sebagai ikhtiar menggapai dan mencapai kondisi masyarakat yang bersatu, beriman, sejahtera, dan bermutu. Sebagaimana yang diharapkan Pemkab Loteng agar masyarakatnya bisa bersatu, beriman, sejahtera, dan bermutu.
Selain itu, katanya, pada 12 Rabiul Awal sudah ditetapkan untuk perayaan hari Maulid Nabi. Kemudian, Setiap tanggal 8 Syawal merupakan perayaan lebaran Ketupat. Kegiatan-kegiatan peringatan hari besar Islam menjadi perhatian pemerintah untuk menumbuhkembangkan pola pikir masyarakat agar menjadi masyarakat yang bersatu, beriman, sejahtera, dan bermutu.
Disampaikan, tujuan kumpul di sini bersama anak yatim dan orangtua jompo bukan sekedar seremonial semata, melainkan semua ini merupakan amanat dari Allah dan rasulnya. Seluruh jajaran masyarakat yang hadir memiiki tujuan yang sama, yakni sebagai wahana dan ikhtiar memohon ridho Allah. “Kegiatan ini telah kita tetapkan, diawali dengan berpuasa dulu. Pemerintah daerah bersama MUI sebelumnya sudah-menghim bau kepada seluruh masyarakat untuk puasa Sunnah. Dan Alhamdulillah sepertinya banyak diantara kita ini yang berpuasa sunnah,” katanya sambil bertanya kepada hadirin.
Tujuan yang lain dikumpulkan dalam acara ini adalah untuk meningkatkan iman dan taqwa. Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wahana mengimplementasikan Sunatullah, kemudian untuk menumbuhkembangkan kebersamaan dan kesatuan umat. Serta ukhuwah meningkatkan persatuan.
Pembagian santunan kepada anak yatin dan kaum dhuafa semata-mata atas bantuan masyarakat yang telah menyumbangkan sebagian hartanya melalui Baznas Loteng. Pemda bersama Baznas hari ini telah mewujud nyatakan santunan dari masyarakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Santunan akan diberikan kepada anak yatim dan kaum dhuafa dari kecamatan se-Loteng.
Dalam acara tersebut, tausiah disampaikan oieh Ketua MUI pusat bidang kerjasama luar negeri, Mahyudin Junaidi, MA. Kemudian dilanjutkan dengan bersalawat yang dipimpin oleh habib kondang yakni Hadad Alwi yang diikuti oleh ribuan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Dan terakhir doa dipimpin langsung Ketua MUI Lombok Tengah.
Dalam acara tersebut, dilaksanakan acara buka puasa bersama dengan semua yang hadir, dan ditutup dengan sholat magrib berjamaah. I wan/ces